APA SIH PERBEDAAN INVESTASI DAN TRADING???

By VIF JEMBER 09 Jun 2021, 14:30:10 WIB Hiburan
APA SIH PERBEDAAN INVESTASI DAN TRADING???

        Hallo wak, jumpa lagi dengan mimin nih hehe.. bagaimana kabarnya hari ini? semoga baik saja ya wak aamiin. Tempo lalu ada yang bertanya wak sama mimin, "min apa sih perbedaannya trading sama investasi, kan sama-sama dapet untung, terus kenapa beda?" baiklah sekarang mimin jawab deh hehe..

Investasi dan trading pada dasarnya sama yaitu suatu aktivitas dari metode keuangan yang bertujuan untuk mencari keuntungan. nah tujuannya sama nih wak lalu apa bedanya? perbedaannya di "jangka waktunya" saja.Kalau investasi itu berjangka panjang, sedangkan trading itu berjangka pendek, nah dari sini kita sudah tau yaa perbedaan tingkat duanya. Perbedaan waktu juga mempengaruhi analisa dan caranya wak. Tapiii sekali lagi minin nanya, apakah awak tahu tentang investasi?


Investasi

    Investasi yaitu tindakan akumulasi suatu bentuk asset dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang wak. Nah Investor seperti perbankan, perusahaan asuransi, dan lainnya tidak terlalu peduli dengan pergerakan saham wak, entah itu naik atau turun dengan ekspektasi bahwa harga akan kembali naik, entah itu kapan hehe.


Strategi

    Nah karena investasi ini belaku jangka panjang, investor akan sangat memperhatikan faktor - faktor yang dapat mempengaruhi saham tersebut wak, mereka (investor) tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi harga, biasanya sih saham yang dibeli adalah saham emiten yang sehat dan berkualitas wak, jadi di sini juga difilter ya wak, tidak sembarangan juga, kalau sembarangan bisa sepi dong perusahaannya hehe. Nah saham yang sehat dan berkualitas itu adalah saham yang kuat dan kokoh dengan fundamental yang baik. Mereka (investor) fokus dalam pembelian saham pada kesehatan perusahaan wak.


Instrumen Investasi

      Instrumen investasi yang biasa dipilih oleh investor biasanya properti, industri (besar atau kecil) dan bisa juga saham. Soalnya kan jangka panjang jadi harus perhatikan dengan serius juga wak. Nah keuntungan nya selain dari nilai aset, pembagian deviden secara berkala juga bisa lo wak, jadi untungnya bisa lebih dari 1 kali.

Prinsip

    Buy and hold adalah suatu prinsip dasar seoarang investor wak, mereka akan menyimpan investasi dalam jangka waktu yang lama bisa lebih dari 1 tahun lo wak. Mereka akan melepaskan sahamnya ketika tujuan mereka terlah terpenuhi atau jika kualitas emiten mulai memburuk. Jadi emiten sudah kurang sehat, lebih baik lepaskan saja wak sahamnya daripada rugi kan.

Risiko

    Nah Investasi juga ada risikonya lo wak, yaitu counter party dan partial fills. Counter Party bisa terjadi jika kita membutuhkan pihak lain (pihak ke-3) untuk membeli asset ketika kita menjualnya. Kalau partial fills adlah risiko yang terjadi apabila aset kita hanya terjual sebagian aja wak. Kek nanggung gitu ya wak :(. Nah sekarang kita beranjak ke Trading ya wak.


Trading

    Trading ialah suatu aktivitas yang memanfaatkan harga guna di pasar uang yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Kalau orangnya bernama Trader hehehe.


Strategi

    Strategi yang digunakan para trader berbeda dengan investor wak, trader lebih terfokus dan terarah pada sentimen dan kondisi pasar. Jika pasar saham sedang mengalami penurunan akibat situasi politik baik negeri atau global, maka yang dilakukan seorang trader yaitu tidak akan masuk ke pasar saham sebelum kondisinya kembali normal.

Prinsip

    Prisip seorang trader yaitu buy and sell wak, beda yaa sama investor tadi. Trader akan selalu memanfaatkan fluktuasi harga untuk mendapatkan keuntungan dari selisih jual beli tersebut.

Risiko

    Setiap bisnis atau aktivitas keuangan pasti mengalami risiko ya wak, begitu juga trader. Namun di sini risiko trader dan investor berbeda wak, risiko yang ditanggung trader yaitu capital loss dimana harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli, dan risiko kebangkrutan perusahaan wak.


KESIMPULAN

    Nah kita tadi sudah membahas satu per satu ya wak antara investasi dan trading, jadi kesimpulannya :

  • Jika awak ku ini ingin jangka panjang mending milih investasi saja, pelajari prinsip dan strateginya, oiya jangan lupa untuk memilih yang profit dan cari yang sehat.

  • Jika awak ku ini ingin yang jangka pendek dan sekaligus dijadikan mata pencarian utama lebih baik pilih trading aja wak, jangan lupa pelajari teknik dan prinsipnya juga, oiya wak jangan lupa yaa analisa perusahaan pialang yang sehat dan baik di portopolionya soalnya ya wak, banyak perusahaan ilegal yang masih bertebaran diluar sana, pastikan resmi yang terdaftar di BAPPEPTI dan ICDX serta masih aktif di kedua lembaga tersebut.

Nah mungkin itu aja wak yang bisa mimin sampaikan, pikirkan baik-baik ya wak sebelum mengambil keputusan, SALAM PROFIT VICTORY.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Kanan - pawang tradingkanan - pawang hujankanan-baksoskanan- Indikator TradingKanan-pentingnya demo accountKanan - Ada KamiKanan- analisa

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir